CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 17 Agustus 2013

Mengenal Lebih Dekat Darah O



BAGIAN. 2.


KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN SESEORANG YANG BERGOLONGAN DARAH  O

D’Adamo dan Whitney (2009) mengungkapkan beberapa keunggulan dan kelemahan seseorang yang bergolongan darah O . Bagi anda yang memiliki golongan darah O , wacana ini wajib kita baca. Yukk

Berikut ini beberapa kelebihan seseorang yang memiliki golongan darah O ;


A.    Sistem Pencernaan Kuat

Mekanisme pencernaan makanan pada manusia meliputi 2 hal pokok, yaitu proses pencernaan secara mekanik dan secara kimiawi. Apabila dikatakan bahwa orang yang bergolongan darah O memiliki system pencernaan yang kuat, berarti organ-organ pencernaan tersebut merupakan organ-organ yang kuat, baik secara marfologi maupun anatomi.

Secara evolusi, manusia generasi pertama bergolongan darah O. Karakteristiknya adalah pemburu. Dan sebagai penyesuaian harus memiliki tubuh yang bugar dan ditunjang oleh organ –organ dalam yang kuat, termasuk system pencernaannya.
Manusia mengunyah makanan dan menelannya membutuhkan waktu 5 sampai 10 detik. Kemudian akan menuju esophagus dan masuk lambung, dicerna secara parsial 2-6 jam. Sampai pada usus dicerna kimiawi 5-6 jam. 

Ketika makanan akan ditelan , otot sfingter berelaksasi ,bahan makanan bentuk bolus mencapai faring. Laring akan bergerak ke bagian atas dan menempel pada epiglottis . Pada seseorang yang bergolongan darah O, oto sfingter relative kuat baik untuk kontraksi ketika tidak menelan makanan maupun berelaksasi ketika menelan makanan.


B.    Sistem Kekebalan dan SIstem Pertahanan Alami

Tubuh manusia memiliki mekanisme khas untuk mencegah masuknya protein asing ke tubuh.  Mekainisme pertama disebut kekebalan tubuh alami ( kekebalan aktif ) dan mekanisme kedua adalah mekanisme buatan ( mekanisme pasif ). Kekebalan aktif biasanya lebih lama daripada kekebalan buatan ( pasif ).

Kekhasan kedua berupa pengenalan terhadap  benda asing merupakan pengembangan dari aspek kekhususan dimana tubuh dapat membedakan setiap benda asing yang memasuki tubuhnya. Setiap penyakit yang masuk akan disimpan dalam memori sel-sel tubuh sehingga tubuh dapat mengenali setiap penyakit /mikroorganisme yang pernah memasuki tubuh manusia. Adanya sel memori atau daya ingat sel ini yang menunjang pengenalan terhadap benda asing.

Orang dengan golongan darah O memiliki sestem keekbalan dan pertahanan alami yang baik dibandingkan orang dengan golongan darah yang lain.


C.    Sistem Metabolisme dan  Penyimpanan Nutrien yang Lebih Efisien

Penyimpanan system metabolism dan nutrien golongan darah O ini lebih efisien daripada orang yang bergoongan darah lainnya , karena system metabolism dan penyimpanan nutriennya tidak menghabiskan banyak ruang di dalam tubuh daripada orang yang bergolongan darah A,B dan AB


D.   Sulit Menerima Makanan dan Lingkungan yang Baru

Orang yang memiliki golongan darah O biasanya memiliki permasalahan dengan siitem pencernaannya. Oleh karena itu dalam salah satu diet makanan untuk golongan darah O tidak disarankan mengkonsumsi susu, hal ini karena pada usus halusnya tidak dapat memproduksi enzim lactase yang dapat menguraikan laktosa yang terdapat dalam usus. Laktosa yang dihasilkan akan menyebabkan diare , kembung, buang angin, kran , serta tinja berbau asam. Namun apabila seseorang telah terbiasa meminum susu dalam menu utamanya, maka ini tidak jadi masalah.


E.       Sistem kekebalan dapat bereaksi Berlebihan dan Justru Merusak Diri Sendiri.

Orang yang bergolongand arah O relative memiliki siste kekebalan yang dapat bereaksi berlebihan , disebut penyakit autoimun. Dewasa ini disebut sebagai eritematosus (LUPUS). Dalam bahasa lain lupus berarti serigala, disebabkan Karena penderita memiliki butterfly rash atau ruam merah berbentuk kupu-kupu du pipi yang serupa dengan yang terdapat pada pipi serigala tetapi berwarna putih. Pada penderita lupus antibodi dapat langsung menyerang sel darah merah sehingga kadang-kadang mendertita anemia karena kekurangan sel darah merah.
Ciri-ciri seseorang yang menderita lupus antara lain sbb :

1.       Kulit terlihat gosong apabia terkena sinar matahari
2.       Munculnya gangguan pencernaan
3.       Tubuh terasa lemah, demam disertai pegal-pegal dan penderita merasakan kelelahan yang berlebihan dan akan hilang saat nonaktif
4.       Munculnya ruam merah pada bagian pipi atau dapat juga keluar pada seluruh tubuh diertai sisik
5.       Akan mengalami kerontokan rambut

Menurut dokter Rahmat Gunadi (doktersehat.com), penyakit ini dapat menyerang semua lapisan masyarakat sekitar 5-10 orang diantara 100.000 orang.bersifat genetic dan dapat diturunkan.  Wanita menjadi orang yang memiliki resiko lebih besar disbanding pria yaitu 6-10 kali lebih beresiko terutama usia 15-40 tahun.penyakit ini bias disebabkan karena infeksi,pemaikaian pik KB dan stress.

Sekian dulu postingan kali ini. Semoga bermanfaat .
Terimakasih pada books of mengenal lebih dekat darah O yang sudah memberikan ilmu, sehingga bisa di share disini .. tunggu kelanjutan seasonnya yaahh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar