CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 15 Agustus 2013

Mengenal Lebih Dekat Darah O



BAGIAN. 1.


 AWAL PEMBENTUKAN




Pemilik golongan darah O umumnya dapat terhindar dari penyakit malaria. Pernyataan ini merupakan hasil penelitian dari The National Academy of Science of the USA tahun 2007. Dibanding dengan golongan darah A,B,dan AB, golongan darah O memiliki resisten yang tinggi melawan Plasmodium falciparum, parasit penyebab malaria yang masuk ke sel darah merah sehingga dapat melindungi orang dari terserang penyakit tersebut.

Menurut teori evolusi , manusia yang hidup sekitar 50.000-25.000SM merupakan manusia yang bergolongan darah O, dengan kata lain golongan darah O lebih dahulu ada dibanding golongan darah lainnya. Pada awal kehidupan , manusia dengan golongan darah O adalah manusia dg kegiatan berburu dan mengumpulkan makanan, yang diduga makanan tsb adalah daging. Berdasar hal itupara ahli menghubungkan golongan darah dengan makanan yang ideal bagi manusia dengan golongan darah tertentu.

Perubahan pola kehidupan manusia dari berburu dan mengumpulkan makanan menjadi masyarakat agraris yang cenderung menetap dan akhirnya melakukan kegiatan lading berpindah, melahirkan golongan darah A.

Jumlah manusia yang semakin lama semakin banyak , ditandai dengan perkawinan dan migrasi ke wilayah Asia , Eropa dan Amerika melahirkan berbagai tipe golongan darah, seperti B dan AB .



Pengetahuan manusia tentang golongan darah mulai diperkenalkan oleh Dr. Karl Landsteneir tahun 1990, dengan melakukan percobaan dengan mereaksikan antara sel darah merah dengan serum dari donor  yang meng hasilkan dua macam reaksi, yaitu 2 macam reaksi dan 1 tanpa reaksi.Dan dihasilkan antigen A dan B . Pada awal penemuannya ,Landsteneir hanya menemukan golongan darah A,B dan O. Seseorang yang memiliki golongan darah A berarti memiliki antigen A dan plasmanya antibodi B. Golongan darah B memiliki antigen B dan pada plasmanya memiliki antibody A. Terakhir golongan darah O yang tidak memiliki antigen pada sel darah merahnya, sedangkan plasmanya memiliki antibodi A dan B.

Golongan darah AB ditemukan oleh Von Decastello dan Sturli tahun 1901. Seseorang yang memiliki golongan darah AB 
memiliki antigen A dan B, sedangkan tidak ditemukan antibodi . Dan penemuan ini sangat bermanfaat bagi dunia kedokteran terutama saat tranfusi darah.
Golongan darah O merupakan donor universal, artinya golongan darah ini dapat memberikan donor darah kepada jenis golongan darah apapun juga. Ini disebabkan pada eritrositnya tidak mengandung aglitinogen A dan B,sehingga secara teori tidak akan terjadi penggumpalan. Namun juga tidak bisa dijadikan acuan, karena terdapat zat anti A dan B berfilter tinggi yang kadang kadang terjadi ketidakcocokan.

Sedangkan Golongan darah AB menjadi resipien universal. Karena secara teori golongan darah ini dapat menerima darah dari jenis golongan darah yang lain. Namun sama jugan dengan golongan darah O, sering terjadi ketidak cocokan, sehingga dianjurkan untuk memeri tranfusi kepada golongan darah yang sama.

Sehubungan dengan makanan ideal bagi setiap golongan darah, ternyata setiap golongan darah ternyata memiliki karakteristik yang berbeda-beda satu sama lain. Meskipun belum bias dibuktikan secara ilmiah,masih banyak orang yang msaih memercaiyainya.

Misalnya golongan darah O. Pertama, mereka ini biasanya berperan dalam menciptakan gairah dan semangat untuk suatu grup dan juga menciptakan keharmonisan dalam grup tersebut. Kedua, figure mereka selalu terlihat sebagai orang yang terlihat menerima dan melaksanakan sesuatu dengan tenang. Mereka pandai menutupi sesuatu , sehingga selalu terlihat riang, damai dan tanpa masalah sama sekali. Tapi jika tidak tahan,mereka akan mengadu/curhat. Ketiga, mereka biasanya pemurah (baik hati), senang berbuat kebajikan. Keempat, mereka selalu dicintai oleh semua orang “Loved By All”. Tapi mereka juga kadang keras kepaladanmemiliki pendapat sendiri tentang suatu hal. 

Kelima dilain pihak, mereka sangat fleksibel dan mudah menerima sesuatu yang baru. Keenam mereka cenderung mudah dipengaruhi oleh orang lain dan dari apa yang ia lihat di TV. Ketujuh , merekaterlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan besar karena kurang berhati-hati. Tapi hal itu yang membuat golongan darah O dicintai (www.infospriritual.com). Tapi ini cenderung bersifat spekulatif,sehingga tidak bias dijadikan acuan untu menilai sifat dan karakter seseorang.

SEKIAN dulu bagian kali ini 
Nantikan yang berikutnya yaahh.. 
Semoga manfaat :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar