CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 24 Juli 2013

Tips agar lebaran HEBAT, HEMAT dan BERMANFAAT



Semua umat muslim khususnya di Indonesia ini pasti menginginkan mudik atau pulang kampong terutama saat lebaran tiba. Kalau  untuk orang-orang berduit tak jadi masalah dehh ya .. mudik tinggal saja mudik, tanpa memikirkan biaya yang harus dikeluarkan..


          Nah, disini saya akan memposting tips bagaimana agar lebaran tetap meriah tanpa harus boros dalam hal keuangan .. Oke, langsung saja yaa.


                Bagi yang sudah bekerja,setiap tahun kita pasti mendapat upah tambahan yang biasa di sebut Tunjangan Hari Raya (THR) , walaupun itu belum tentu cukup untuk ongkos kita bila berencana mudik,ya kan?? Disini saya akan menjawab semua keluhan itu. Agar THR bias mencukupi semua kebutuhan kita, kita harus merencanakan dengan bijak untuk apa THR itu digunakan. Hal-hal yang kita harus perhitungkan saat akan mudik adalah :


1.       Transportasi


Bagi anda yang berencana mudik dengan menggunakan mobil pribadi,ya tak ada yang harus dipikirkan kecuali hanya menyisihkan sedikit uang untuk bahan bakar kendaraan yang kita tumpangi, ya toh??

Nah, untuk anda yang akan mudik menggunakan jasa rental mobil,lebih baik pesan mulai sekarang,karena semakin cepat kita memesan,harga pun semakin murah dan kita bias bebas memilih jenis mobil yang kita butuhkan.

 Sedangkan bagi anda yang akan pulkam menggunakan transportasi umum,lebih baik kita mengajak teman atau bergabung dengan teman yang beranggotakan banyak,misalnya 5 orang,karena dengan kita berkelompok seperti itu kita  biasanya akan mendapatkan harga tiket lebih murah daripada kita membeli tiket secara perorangan. Dengan begitu,kita akan bias lebih menghemat dan memanfaatkan sisa uangnya kan?? Dana yang kita butuhkan untuk transportasi kira-kira
sekitar 20-25%.


2.       Oleh-oleh


     Ya! Kebutuhan yang satu ini memang rasanya kurang afdhol bila kita tidak membeli oleh-oleh setelah mudik lebaran untuk diberikan kepada sanak saudara/kerabat dekat kita. Kebanyakan, masyarakat di Indonesia lebih mempersiapkan dana untuk keperluan ini,dibanding yang lainnya. Dan lebih bersemangat untuk membeli oleh-oleh daripada kegiatan yang lainnya.Namun, sayang,kita tidak dianjurkan menngunakan sangu kita untuk membeli berlebihan oleh-oleh yang kita inginkan, apalagi hingga melebihi 50% ,agar tetap hemat,tidakkah lebih baik jika kita mengurangi sedikit jatah untuk yang satu ini , yaitu sekitar 10% saja dari THR yang kita peroleh. Karena kebanyakan dari kita yang lalai menjaga keluarnya uang hanya untuk memebli oleh-oleh dan sebab itu juga kita bisa menjadi lebih boros. Jika ada uang yang benar-benar nganggur dan sudah pasti tidak digunakan apa apa, barulah boleh kita menambah dana oleh-oleh dari yang direncanakan.



3.       Akomodasi



Bagi yang memiliki kampung luar kota, apalagi luar pulau,pasti membutuhkan penginapan kan?? Nah,bagi yang akan menginap di hotel atau penginapan, pasti harus memiliki rincian uang mengenai masalah ini. Untuk mendapatkan penginapan atau hotel, ada baiknya jika kita mensurvei lebih dari 1 hotel atau penginapan, misalnya 5 hotel, karena dengan cara seperti ini kita bisa mempertimbangan harga dan mendapatkan hotel atau penginapan yang nyaman dengan harga murah.

Bagi yang tinggal di rumah saudara or nebeng , jangan senang dulu, kita juga harus menyisihkan sebagian uang kita untuk maiak,minum dsb. Walaupun kita tamu,apakah kita tidak malu, kalau terlihat hanya makan,minum dsb, dengan gratis tanpa uang sepeser pun??padahal juga fasilitas yang diberikan tidak mereka dapatkan secara gratis. Kalau anda tidak mau ya no problema, tapi siapkan anda akan dibicarakan saudara anda sendiri di kemudian hari hanya karena masalah sepele ini?? Tentu tidak , bukan?? Ya oleh sebab itu kita membutuhkan sekitar 30% dari THR atau sangu kita.



4.       Wisata


Tak munafik, kalau kita menjalin silaturahmi sekaligus pergi berwisata atau sekedar refreshing, bukan?? Itu tidak dilarang kok, namun kita juga harus memperhitungkan dana untuk berwisata ini,Kita membutuhkan sekitar 25% dari uang lebaran kita atau THR kita.


5.       Dana Darurat



Yapp, semua orang boleh merencanakan, tapi tuhan yang menentukan.. Dan kita tidak tahu apakah rencana kita akan berjalan sesuai yang kita inginkan atau tidak. Oleh sebab itu kita juga haru menuliskan dalam rincian dana. Kita masukkan saja dalam rincian hanya kira-kira sebesar 15-20% , dari tabungan lebaran kita. Tidak berat kan??

Apabila THR anda masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan mudik anda, anda harus bersabar dan terpaksa menunda keinginan anda beberapa minggu lagi,untuk menambah pundi-pundi keuangan anda dari tempat bekerja anda..

Oke, Cukup sampai disini saja yaah obrolan kita mengenai tips-tips lebaran kali ini .Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar